Popular Posts

loading...

Thursday, March 19

Seni budaya adat lampung yang unik

Seni budaya adat lampung yang unik,Lampung atau Bandar lampung merupakan gabungan antara dua kota besar yang terdapat di provinsi Lampung.Yaitu Tanjungkarang dan Teluk betung.Memiliki wilayah yang luas,potensi alam yang baik dan memiliki seni dan kebudayan yang unik dan menarik.

seni budaya lampung
menara siger lampung

Adat pada masyarakat lampung pada garis besarnya terbagi menjadi dua adat yaitu adat saibatin dan adat pepadun.Dari kedua adat itu dialek bahasa masyarakat lampung pula dibagi menjadi dua yaitu dialek A dan dialek O.Provinsi lampung berdiri pada tahun 1964 tepatnya pada tanggal 18 maret 1964.

Pada zaman dahulukala Lampung adalah jajahan kerajan taruma negara sampai abad ke 16,Lampung pula banyakl di pengaruhi oleh budaya lain yang kuat.Pada dasarnya budaya lampung itu nyata dan apa adanya.Banyak sekali seni dan budaya yang bisa kita temui di Lampung dari muali seni kerajinan tenun hingga seni tari.

Jenis kerajinan seni lampung

Seni kerajinan tapis lampung : 
Kain tapis merupakan pakaian adat suku lampung yang berbentuk kain sarung yang di tenun atau di sulam,yang berbentuk pucuk rebuk yang terdiri dari kombinasi benang emas dan benang kapas.Semua di sulam dan di tenun menjadi kesatuan hingga menjadi sebuah kain tenun yang berbentuk sarung yang biasa di sebut oleh masyarakat lampung sebagai kain tapis.

seni budaya lampung
gambar kain tapis lampung


Seni tari Cangget lampung : Tari cangget lampung adalah tari khas masyarakat lampung pepadun,Tari yang memiliki nilai filosofi yang dalam,tercermin dari gerakan tari yang lemah lembut dan tegas.serta memiliki nilai-nilai budaya dalam setiap gerakan nya,Tarian ini dulu sering di pertunjukna jika ada acara adat seperti perkumpulan adat,untuk menghormati ketua adat serta ajang bersilatuhrami.untiuk meningkatkan tali persaudaraan.

seni budaya lampung
gambar tari cangget lampung

Baca juga : Tempat wisata di lampung yang menarik dan eksotis 

Seni topeng sekura lampung : 
Sekura atau seni topeng ini sepertinya sudah menjadi tradisi khas masyarakat lampung,Pesta sekura adalah taradisi rutin yang biasa dilakukan masyarakat lampung barat ini setiap tahun nya.Sekura sendiri terdiri dari topeng atau kain yang di pakai untuk menutupi seluruh tubuh si pemakai nya,Sekura merupakan pesta rakyat masyarakat lampung barat,yang mengandung filosofi yang tinggi sepeti kebersamaan,dan keceriaan.

seni budaya lampung
gambar sekura kamak lampung barat


Itulah beberapa seni budaya masyarkat lampung yang bisa di sajikan di ulasan kali ini,masih banyak lagi seni dan budaya masyarakat lampung yang menarik dan unik lain nya,Semoga ulasan ini dapat memberi informasi serta berguna untuk kita semua.




No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang baik dan benar di Larang spam ya..